Minggu, 24 Mei 2009

Kekristenan Sejati Yang Hilang

Kalau saya membaca di Alkitab, saya menemui ada 3 cara Tuhan membantu pada manusia :

1.Di Kejadian 21 : 15-17 ~ Ketika air di kirbat itu habis, dibuangnyalah anak itu di bawah semak-semak, dan ia duduk agak jauh, kira-kira sepemanah jauhnya, sebab katanya:"Tidak tahan aku melihat anak itu mati." Sedang ia duduk di situ, menangislah ia dengan suara nyaring. Allah mendengar suara anak itu, lalu Malaikat Allah berseru dari langit kepada Hagar, kataNya kepadanya : "Apakah yang engkau susahkan Hagar? Janganlah takut, sebab Allah telah mendengar suara anak itu dari tempat ia terbaring."

Tentang Hagar dan Ismael diusir oleh Abraham di padang gurun dan kehabisan air, lalu

Hagar menangis karena tidak bisa melihat anaknya mati kehausan. Allah menjawab dari
tempat tidur dan menunjukkan sumur berisi air, sehingga Hagar dan Ismael tertolong. Anak itu
menjadi besar dan melahirkan 12 suku Arab yang akhirnya menjadi Raja di Arab.


2. Waktu Allah membimbing umatNya Israel keluar dari Mesir ( dipimpin melalui Musa )
dengan tiang awan dan tiang api ( Allah menuntun Musa ) di Keluaran 33 : 13 - 17,
" Maka sekarang, jika aku kiranya mendapat kasih karunia dihadapanMu,
beritahukanlah kiranya jalan-Mu kepadaku, sehingga aku mengenal Engkau, supaya
aku mendapat kasih karunia di hadapan-Mu. Ingatlah, bahwa bangsa ini umat-Mu."
Lalu Ia berfirman :
" Aku sendiri hendak membimbing engkau dan memberikan
ketenteraman kepadamu. Berkatalah Musa kepada-Nya :" Jika Engkau sendiri
membimbing kami, janganlah suruh kami berangkat dari sini. Darimanakah gerangan
akan diketahui, bahwa aku mendapat kasih karunia dihadapan-Mu, yakni aku dengan
umat-Mu ini? Bukankah karena engkau berjalan-jalan bersama dengan kami, sehingga
kami , aku dengan umat-Mu ini, dibedakan dari segala bangsa yang ada di muka bumi
ini?" Berfirmanlah Tuhan kepada Musa : " Juga hal yang telah kukatakan ini akan
kulakukan, karena engkau telah mendapat kasih karunia dihadapan-Ku dan Aku
mengenal engkau."

Jadi dalam perjalanan Allah memimpin, tetapi disaat berhenti Allah meninggalkan umat Israel ; dan Tuhan memberi hukum-hukum, yaitu : hukum Taurat yang kita kenal sekarang. Allah memimpin manusia didalam hukum Taurat yang dilakukan oleh orang Farisi.

3. Yesaya 27 : 2-5 ~ Pada waktu itu akan dikatakan :" Bernyanyilah tentang kebun
anggur yang elok ! Aku, Tuhan, penjaganya; setiap saat Aku menyiraminya.
Supaya janganorang menggangunya, siang malam Aku menjaganya; kehangatan murka
tiada pada-Ku.
Sekiranya tampak kepada-Ku puteri malu dan rumput, Aku akan bertindak memeranginya dan akan membakarnya sekaligus, kecuali kalau mereka mencari perlindungan kepada-Ku dan mencari damai dengan Aku, ya mencari damai dengan Aku !" Itulah sebetulnya ke-Kristenan yang dijanjikan oleh Tuhan . Padahal yang saya lihat, saat ini ke-Kristenan bukan seperti Yesaya 27 : 2-5, tetapi malah hidup dibawah hukum Taurat, dan itu dilakukan oleh orang-orang Yahudi dan Imam Farisi hidup dibawah hukum, Allahnya ada di luar dan kalau sedang atau sudah berhenti dari perjalanannya ditinggalkan oleh Allahnya.
Ke-Kristenan, Allahnya ada didalam hati kita, bukan di luar seperti no 1 & 2 diatas ; Bukan seperti dituntun, dansetelah itu ditinggalkan, seperti yang dilakukan hukum Taurat, tetapi yang sebenarnya adalah Allahnya harus ada didalam hati kita, untuk membersihkan hati kita supaya lahir baru.
Itu semua dikarenakan Allah itu Kudus, sedangkan manusia terdiri dari gen ( atau sering disebut dengan Genetika ) dan menerima dosa warisan, itu bisa dihilangkan hanya oleh Allah sendiri melalui Firman, karena Manusia TIDAK BISA MERUBAH diri sendiri !

  • Illustrasi tentang Genetika : Jika salah satu orang tuanya ada penyakit Diabetes, terutama ibunya, anak yang paling rawan adalah anak laki-laki pertama dan bagaimanapun juga tidak bisa diobati, kecuali anak itu mengerti tentang penyakitnya kalau dia rawan terkena penyakit Diabetes dan diet seumur hidup, maka tidak akan tumbuh.Tapi benih warisan tersebut tetap ada dalam dirinya dan tidak bisa hilang.
Kalau Saya baca di Alkitab, penyakit adalah akibat dosa.

Meskipun anak itu waktu hidupnya bisa menghindar dari penyakit itu,tetapi dosanya tetap ada. Padahal orang yang masih ada dosanya tidak bisa masuk Surga, karena belum lahir baru dan yang bisa menghilangkan dosa itu adalah Firman, yaitu kalau Allahnya ada didalam diri kita.
Kalau kita mau tahu, bahwa Allah ada dalam diri kita di Alkitab ditulis :

1. 1 Korintus 3 : 16 ~Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam didalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri.

Kita menjadi Bait Allah; 2 Korintus 3 : 14 - 18 ~ Apakah hubungan Bait Allah dengan
berhala? Karena kita adalah Bait dari Allah yang hidup menurut Firman Allah ini :
" Aku akan diam bersama-sama dengan mereka dan hidup di tengah-tengah mereka,
dan mereka akan menjadi umat-Ku."

2. Wahyu 3 : 20 ~ Lihat, Aku berdiri di muka pintu dan mengetok; jikalau ada orang yang
mendengar suara-Ku dan membukakan pintu, Aku akan masuk mendapatkannya dan
Aku akan makan bersama-sama dengan dia, dan ia bersama-sama dengan Aku.

3. Kita menjadi Kerajaan Iman ~ Adanya di Keluaran 16 :9

4. Matius 6: 33 ~ Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya
itu akan ditambahkan kepadamu.

Yang dimaksud dengan kebenaran ada di Yohanes 14 : 6 ~ Kata Yesus kepadanya :
"Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa,
kalau tidak melalui Aku."


Ayat di atas berbicara tentang Yesus. Jadi yang dimaksud dengan Matius 6 : 33 adalah kita menjadi Rumah Allah dulu baru setelah itu Tuhan akan mencukupi semua kebutuhan hidup kita, atau kita juga bisa melihat di Perjanjian Lama ( tentang Tabut Allah ), kotaknya terbuat dari kayu kering di mana kotak kayu kering berbicara tentang manusia dan didalamnya ada dua loh batu, yaitu Firman Tuhan.

Waktu jaman Imam Eli, Tabut Allah dirampas oleh orang Filistin. Di sanalah kuasa Allah terlihat bekerja, sehingga orang Filistin ketakutan dan Tabut Allah dikirim kembali ke bangsa Israel dan ditaruh di Kiryat Yearim. Saat 72 orang di Kiryat Yearim mencoba melihat isi Tabut Allah, 72 orang tersebut meninggal semua. Waktu Tabut Allah dipindah dari rumah Aminadab ke kota Daud, Uza mencoba menahan Tabut Allah supaya tidak terjatuh saat sapi yang mengangkutnya terpeleset, Tuhan menyambar Uza sehingga mati. Itu semua di atas berbicara tentang kayu kering; dikarenakan ada Firman ada didalamnya sehingga kayu tersebut menjadi Kudusnya luar biasa !

Bagaimana bisa terjadi seperti ini, supaya Allah ada didalam diri kita? Adanya di Roma 10 : 17, yaitu IMAN ~ Jadi Iman timbul dari pendengaran dan pendengaran oleh Firman Kristus. Karena manusia tidak punya Iman ! Setelah Hawa jatuh dalam dosa, pikiran manusia dikuasai oleh setan. Jadi pekerjaan setan itu adalah supaya manusia bertentangan dengan Firman Tuhan ; maka dari itu kita harus punya IMAN, dan Iman itu adanya di hati bukan di otak kita. Karena Allahlah yang punya Iman dan jika Allah ada di hati kita, kita akan bisa mempunyai Iman.

Bagaimana bisa tumbuh Iman? Kalau baca Alkitab harus ada suara dan tidak boleh diloncat-loncat ( harus berurutan ), tercatat di kitab Wahyu dan Ulangan; tidak boleh ditambah dan tidak boleh dikurangi dan membaca Alkitab ada caranya:
  • Jam 03.00 - 05.00 ( pagi ) dan jam 15.00 - selesai ( sore ) dibaca dengan bersuara dan cepat.

Pagi hari jam 03.00 - 05.00 tidak boleh dikurangi.Tuhan selalu bekerja di

jam- jam tersebut diatas.

Contoh :
  1. Tercatat di Alkitab, Yesus bekerja di waktu jaga pagi, waktu pergantian jaga malam.
  2. Kornelius ditemui Malaikat Tuhan jam 03.00 karena menurut kebudayaan Yahudi, jam 03.00 itu pergantian hari.

Waktu untuk membaca di sore hari tidak harus tepat, bisa digantikan malam hari sebelum tidur.

Mengapa harus jam 03.00 pagi ? Menurut kebudayaan Yahudi itu tentang pergantian hari. Sedangkan Tuhan selalu maunya di nomor satu kan sebelum kita mulai aktivitas kita dalam satu hari itu. Hal itu juga bisa dilihat waktu orang Israel dalam mengambil manna ( Kel. 16 ) harus diambil jam 03.00 - 05.00 ( sebelum terbitnya fajar pagi ), karena setelah fajar menyingsing manna tersebut mencair.

Kembali sekarang ke soal membaca Alkitab. Kenapa harus dimulai dari Perjanjian Baru dulu? ( 2 Korintus 3, tentang Musa ada tudung yang menutupi mukanya ), setelah itu baru Perjanjian Lama. Jadi setiap hari kita harus baca Perjanjian Baru dan Perjanjian Lama semuanya.

Contoh : Kalau kita baca dari Jam 03.00- 04.00 --> baca Perjanjian Baru, jam 04.00 - 05.00 --> baca Perjanjian Lama

Catatan : Baca Perjanjian Lama bisa ditambah waktunya lebih lama.

Karena Perjanjian Baru menumbuhkan Iman dan Perjanjian Lama untuk merubah sifat kita, jadi keduanya harus dibaca setiap hari.

Mungkin ada orang yang mengatakan, " Kenapa hanya membaca Alkitab saja untuk menjadi Kristen, kenapa tidak melakukannya untuk menjadi Kudus? " ( melakukan Hukum Taurat ). Karena manusia tidak bisa melakukan hukum itu, yang bisa melakukan hukum adalah Allah sendiri, maka Tuhan Yesus mati diatas kayu salib sebagai 100 % manusia untuk menebus dosa manusia yang memang tidak bisa dilakukan oleh manusia. Yehezkiel 20 : 25 - 26 ~ Begitulah Aku juga memberi kepada mereka ketetapan- ketetapan yang tidak baik dan peraturan-peraturan, yang karenanya mereka tidak dapat hidup. Aku membiarkan mereka menjadi najis dengan persembahan- persembahan mereka, dalam hal mereka mempersembahkan sebagai korban dalam api semua yang telah dahulu lahir dari kandungan, supaya Kubuat mereka tertegun, agar mereka mengetahui bahwa Akulah Tuhan.


Sebenarnya Tuhan memberi hukum supaya manusia tidak bisa melakukannya karena hanya Tuhan yang bisa melakukannya. Supaya manusia menghadirkan Allah dalam hatinya sehingga hukum tersebut yang melakukannya Tuhan sendiri. Kalau mau jelasnya di Yehezkiel 36 : 25 ~ Aku mencurahkan kepadamu air jernih, yang akan mentahirkan kamu; dari segala kenajisanmu dan dari semua berhala-berhalamu Aku akan mentahirkan kamu .
Air jernih berbicara tentang Firman Tuhan dibacanya bukan sedikit, tetapi harus sebanyak-banyaknya supaya manusia tumbuh Iman.


Yehezkiel 36 : 25-33 ~ Aku akan mencurahkan kepadamu air jernih, yang akan mentahirkan kamu; dari segala kenajisanmu dan dari semua berhala-berhalamu Aku akan mentahirkan kamu. Kamu akan Kuberikan hati yang baru, dan Roh yang baru didalam batinmu dan Aku akan menjauhkan dari tubuhmu hati yang keras dan Kuberikan kepadamu hati yang taat. Roh-Ku akan Kuberikan diam didalam batinmu dan Aku akan menjauhkan dari tubuhmu hati yang keras dan kuberikan hati yang taat. RohKu akan Kuberikan diam didalam batinmu dan Aku akan membuat kamu hidup menurut segala ketetapanKu dan tetap berpegang pada peraturan-peraturan-Ku dan melakukannya. Dan kamu akan diam didalam negeri yang telah Kuberikan kepada Yehezkiel nenek moyangmu dan kamu akan menjadi umat-Ku dan Aku akan menjadi Allahmu. AKu akan melepaskan kamu dari segala dosa kenajisanmu dan Aku akan menumbuhkan gandum serta memperbanyaknya, dan Aku tidak lagi mendatangkan kelaparan atasmu. Aku juga memperbanyak buah pohon-pohonanmu dan hasil ladangmu, supaya kamu jangan lagi menanggung noda kelaparan ditengah bangsa-bangsa. Dan kamu akan teringat-ingat kepada kelakuanmu yang jahat dan perbuatan-perbutanmu yang tidak baik dan kamu akan merasa mual melihat dirimu sendiri karena kesalahan-kesalahanmu dan perbuatan-perbuatan yang keji. Bukan karena kamu Aku bertindak, demikianlah Firman Tuhan Allah, ketahuilah itu. Merasa malulah kamu dan biarlah kamu dipermalukan karena kelakuanmu, hai kaum Israel. Beginilah Firman Tuhan Allah : Pada hari Aku mentahirkan kamu dari segala kesalahanmu, Aku akan membuat kota-kota didiami lagi dan reruntuhan-reruntuhan akan dibangun kembali.
Jadi semua yang merubah kita adalah " Ku " adalah Tuhan bukan kita. Kerjaan kita hanya membaca Alkitab sebanyak-banyaknya sehingga Tuhan yang melakukan semua hukum-hukumNya bagi kita, terutama waktu dan cara bacanya harus benar.
Yohanes 16 : 13 ~ Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu kedalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.

Jikalau di sore hari jam 15.00 tidak bisa membacanya, bisa digantikan sebelum tidur. Kalau yang pagi hari tidak bisa diubah jamnya, harus dilakukan seumur hidup.
Tidak ada alasan sakit atau apa pun, karena Iman ada tingkatan-tingkatannya.Tiap kita naik tingkat ujiannya adalah sakit.






4 komentar:

  1. Good...goodd... makan enak sembari manggut manggut.. Bener-bener baru tau gwa kalo Jadi Kristen ternyata tidak sesulit yang gwa jalanin selama ini. Susah-susah gwa melakukan Firman ampe stres-stres ternyata gampang pisan euuyyy masuk Surga.

    BalasHapus
  2. Boo aboo... ternyata gampang pisan euyy jadi orang Kristen, udah gitu cuma baca Alkitab agar Tuhannya makin besar dalam hati kita bisa tumbuh Iman & dapat tiket ke Surga?... Duhh enak tenan....mau mau mau.

    BalasHapus
  3. Hamba Tuhan yg dihormati,
    Saya mohon meng-copy post bapak sbg renungan pribadi saya. Terima kasih atas berkat yg
    dikongsikan. Selamat melayani, pasti upahmu
    besar di Sorga!!

    BalasHapus
  4. Terima kasih atas sharingnya...memang benar untuk tinggal dalam kebenaran, kita harus mengerti kebenaran, untuk mengerti kebenaran, harus menyelidikinya dengan membacanya setiap hari...

    BalasHapus